Selasa, 16 Oktober 2012

RESUME KELOMPOK 1 (ORGANISASI)

ORGANISASI

Organisasi berasal dari bahasa Yunani - organon yang berarti alat atau wadah, menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 

Dari berbagai macam pendapat diatas, kita dapat kata bahwa pengertian organisasi adalah  kumpulan 2 orang atau lebih, yang memiliki tujuan yang sama.

Tipe organisasi itu sendiri ada 2 tipe :

Organisasi Formal, dimana organisasi ini sudah berbadan hukum dan memiliki tujuan dan keanggotaan yang jelas.

Organisasi Informal masih bersifat secara tidak sadar, tidak berbadan hukum, biasanya terbentuk karena memiliki hobi yang sama. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;