Kamis, 15 November 2012

ATASI INSOMNIA (ARTIKEL 15)

Artikel ke-15, Pernahkah teman – teman mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari? Jika ya, maka kalian wajib untuk membaca beberapa saran dokter dibawah ini untuk mengatasi insomnia teman – teman.
Stop konsumsi cafein, alkohol dan rokok di malam hari

Cafein, alkohol dan rokok merupakan pemicu insomnia. Jadi jika teman – teman ingin tidur nyenyak  di malam hari hindarilah tiga hal di atas, terutama di sore dan malam hari.

1. Atur kondisi kamar
Agar  teman – teman dapat dengan mudah terlelap di malam hari, buatlah kamar kalian setemaram mungkin bahkan gelap. Karena menurut penelitian kondisi gelap pada kamar dapat mempercepat keluarnya hormon penenang (melatonin )dari otak. Hmm... sangat patut di coba.

2. Tempat tidur hanya untuk tidur
Kebanyakan dari kita menggunakan tempat tidur untuk berbagai macam aktivitas, seperti nonton, maen games, membaca atau bahkan tempat bermain teman – teman dengan binatang kesayanga. Sebenarnya ini bukan ide bagus, karena akan mempersulit kita untuk tidur dengan pulas, jadi jika teman – teman ingin bebas dari insomnia, pastikan tempat tidur kalian benar – benar difungsikan hanya untuk tidur saja.

3. Lakukan aktivitas fisik
Fakta ini jarang diketahui, tapi ternyata kekurangan aktifitas fisik dapat memicu insomnia. Maka, buat teman – teman yang mengalami insomnia dan merasa kekurangan aktifitas fisik cobalah untuk rajin berolahraga di pagi hari. Tapi jangan melakukan kegiatan fisik di malam hari akan membuat tubuh teman – teman tetap aktif dan belum rela diajak terlelap.

4. Cukupkan porsi makan
Jangan makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur, karena hal ini akan membuat kita kesulitan untuk membuat diri kita terlelap.

5. Tanpa pemaksaan
Jangan memaksakan diri, karena biasanya semakin kita mencoba tidur, kita akan semakin sulit untuk tidur. Coba nikmati secangkir susu atau coklat panas 30 menit sebelum  tidur, maka teman – teman akan mudah terlelap.

6. Hindari tidur siang
Pernahkah teman – teman kesulitan tidur , setelah melakukan tidur siang? Yup.. kebiasaan tidur di siang hari akan membuat kita kesulitan tidur di malam hari. Jadi jika teman – teman tidak ingin kesulitan tidur di malam hari, hindarilah aktivitas tidur siang.

7. Atur posisi tidur
Jika teman – teman kesulitan tidur karena kelelahan atau nyeri punggung, cobalah atur ulang posisi tidur kalian. Letakkan bantal pada lutut dan tidurlah menyamping. Posisi ini dapat mengurangi pegal punggung dan menegakkan posisi punggung. Dengan begitu  teman – teman dapat tidur lebih lelap.

Tapi jika insomnia masih berlangsung lebih dari satu bulan, teman – teman sebaiknya memeriksakan diri ke dokter karena ternyata insomnia mengindikasikan gangguan kesehatan seperti alergi, depresi dan asma.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;