Jumat, 09 November 2012

CARA MEMULAI BERTERNAK AYAM (ARTIKEL 2)

Artikel ke-2, Apabila teman-teman ada yang ingin berbisnis untuk berternak ayam,
saya akan membagi sedikit tips bagaimana dan apa saja yg harus diperhatikan serta diperlukan dalam memulai ternak ayam.

Merawat ayam memang sedikit rumit, dibutuhkan perwatan 24 jam, tetapi ada pepatah yang mengatakan praktik tidak berbanding lurus dengan teori :D, jadi teman-teman tidak perlu khawatir akan kerumitannya, tetapi tetap dibutuh kan ketelitan ya..
Karena keberhasilan sebuah peternakan tergantung dari 24 hour broiler manegement berasal dari hari pertama. Hari pertama teman-teman sukses/berhasil, maka hari berikutnya teman-teman akan lebih beruntung.

1. Hidupkan pemanas selama 12 jam sebelum ayam datang,
untuk menyeimbangkan suhu yang di butuhkan oleh ayam, suhu 32 sampai 33 derajat celcius,

2. Siapkan vitamin dan campur vitamin dengan air yang sedikit hangat (kalau pada kondisi hujan) campur vitamin lebih awal 1.0 jam tepat sebelum ayam datang, campuran, Glucoline, elektrolite, vit c, vit E & selenium, Amilite,

3. Gunakan kertas koran di atas lingkaran atau indukan, tujuannya, agar ayam tidak langsung memakan sekam, karena ayam belum pernah memakan apa-apa sebelum di terima oleh anda, Bisa ditambah jelly atau buah semangka dan lain-lain sejenisnya, 

Jika ayam memakan sekam di usia satu hari, itu sangat membahayakan, bisa terjadi luka pada kaki, karena sebagian besar masalah kaki lumpuh, atau bumble foot, dan penyakit sendi lain-nya berasal dari umur awal 1 minggu, untuk menghindari itu sebaiknya gunakan alas koran, gunakan koran hanya 48 jam saja, seterus nya buang koran dari lingkaran. Dan catat suhu setiap 1 jam sekali, dengan menggunakan termometer atau higro meter, dengan mencatat suhu tertinggi, suhu ter rendah,dan kelembaban air.

Sekian dan terima kasih. semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

 
;