Kamis, 15 November 2012

SPONS PEMAKAN DAGING (ARTIKEL 16)


Artikel ke-16,

 Coba tebak... gambar apa diatas? 
Lumut ? Karang ? Kerang ? 
 Nope.... Kalian salah.

Gambar diatas adalah seekor karnivora yang ditemukan di lepas pantai Moterey Bay, California. Spesies yang dijuluki “spons harpa” ini ditemukan oleh ilmuwan dari Monterey Bay Aquarium Riset Institute (MBARI) pada tahun 2.000 dan berada hampir 3,5 kilometer di bawah permukaan laut. 

Sesuai dengan penelitian dari para ilmuwan yang kemudian diterbitkan dalam jurnal pada tanggal 18 Oktober “Biology Invertebrata”. Chondrocladia lyra (nama ilmiah spesies spons tersebut) mencari makan dengan menjaring krustasea saat mereka melewati  cabang – cabang tungkai spons. Ketika spons harpa mendapat makanan ia menyelebungi mangsa dengan selaput tipis  dan perlahan – lahan mulai mencerna. Para ilmuwan belum lama mengetahui bahwa spons ini adlah pemakan danging karena  spons ini hidup di sendimen lumpur lembut bawah laut dengan rizhoid yang hidup di antara makhluk – makhluk misterius lainnya  dan sulit untuk memahami gaya hidup mereka.

Spons ini hidup di sendimen lumpur lembut bawah laut dengan rizhoid yang hidup di antara makhluk – makhluk misterius lainnya. For your information, spons ini juga melakukan pembuahan loh... caranya? Hampir serupa dengan makhluk – makhluk bawah laut lainnya sih. Spons ini melepaskan sperma aktif yang berenang dalam air di laut sekitarnya. Sperma – sperma dari spons ini terletak di cabang – cabang yang membengkak di ujung cabang seperti yang dapat teman – teman lihat di gambar di atas. Bola tersebut melepaskan spermatophores ke arus dan spons terdekat lainnya menangkap paket tersebut pada filamen halus di sepanjang cabang-cabang mereka. Sperma kemudian mencari jalan ke dalam spons induknya untuk membuahi telur-telurnya, menurut para ilmuwan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;