Sabtu, 17 November 2012

INOVASI DALAM BISNIS (ARTIKEL 21)

Artikel ke-21, Bisnis, kata ini pastilah sangat familiar bagi kita. Banyak orang, bahkan kaum muda di kalangan mahasiswa yang mendadak menjadi sangat sukses dan berlimpah materi karena bisnis yang mereka kerjakan. Jika melihat kalangan pebisinis muda yang mendadak sangat populer dan kaya, tentu menjadi motivasi bagi kaum muda seperti kita untuk melakukan hal yang sama. Namun kenapa kemudian banyak orang yang terperosok dan gagal dalam usaha mereka membangun suatu bisnis?

Hal ini kemungkinan karna mereka tidak memperhatikan dan mempertimbangkan setiap langkah dalam membangun bisnis. Kaum muda biasanya terburu – buru dan ingin hasil yang serba cepat. Akhirnya mereka memilih bisnis spekulatif dengan ciri – ciri  sebagai berikut: didasarkan motif ingin cepat kaya, mengedepankan cara-cara instant, mendewa-dewakan “passive income”, tidak peduli kerugian pihak lain, yang penting, “saya untung”, pendidikan dan kehidupan spiritual tidak dianggap penting. 

Contoh konkritnya ?
 
Cara – cara seperti diatas tentu saja sangat salah, Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mejadi seorang pebisnis yang sukses? 

Pertama, kita harus memilih bisnis yang tepat atau ri’il, yaitu bisnis yang dibangun dengan mentas sebagai berikut :  didasarkan motif untuk melayani dan memperoleh kemandirian, dengan ketulusan, kerja keras dan inovasi, bukan jalan pintas, cara cepat menjadi kaya, membangun secara bertahap, menjaga nama baik, membangun reputasi, bukan sekedar passive income, tetapi riil, pendidikan, persahabatan, spiritualitas sangat penting. 

Success  = F ( choice )
Kita harus benar – benar memilih untuk menjadi sukses. Dengan demikian kita akan dengan ikhlas dan senang hati mengabdikan setiap tenaga, materi, pikiran, waktu dan setiap tetes keringat kita untuk menjadi sukses, karena kita telah memilihnya.  Caranya? Berikut tips singkat untuk menyiapkan diri kita : 

  1. Modal utama berwirausaha bukanlah uang, melainkan keyakinan untuk tumbuhdan menang
  2. Bersahabatlah dengan ketidakpastian
  3. Buka pikiran Anda, pelajari hal-hal baru
  4. Be ready, persiapkan diri Anda dengan baik
  5. Bangunlah networkselagimuda,danjagalahkepercayaan
Mengenai jenis bisnis yang dapat kita lakukan, coba pilih untuk melakukan satu hal dari tiga hal berikut ini :

Apa itu Invensi?
Invensi adalah penciptaan atau perancangan sesuatu yg sebelumnya tidak ada; reka cipta: hal itu mendorong -- teknologi lain yg dapat menghemat bahan dan tenaga, coba carilah hal apa yang belum pernah ada dan mungkin diterima oleh masyarakat luas contohnya sajaMark Zuckerberg seorangmahasiswa dari Harvard University yang sukses menjadi Milyadertermu di sepanjang sejarah karena penemuan jejaring social  Facebook.

Lalu Apa itu Inovasi?
Kreasi dan Implementasi “ KombinasiBaru “ pada produk, jasa, proses kerja, dsb. (Schumpeter, 1934)
Pengembangan dan implementasi sesuatu yang baru (De Jong & Den Hartog, 2003)
Sesuatu yang baru (Adair, 1996) bukan berarti original, tetapi lebih kenewness.

Contohnya saja Inovasi terhadap restoran cepat saji, yang biasanya dibuka dari pukul 10.00 – 22.00 kemudian sekarang berkembang menjadi 24 jam. Perubahan ini dapat disebut inovasi. Atau dibukanya Restoran cepat saji yang khusus men.angani pelanggan delivery (PHD – Pizza Hut Delivery).


0 komentar:

Poskan Komentar

 
;