Selasa, 13 November 2012

HEWAN KLONING (ARTIKEL 9)

Artikel ke-9, pernahkah teman – teman mendengar tentang kloning?
Kloning adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Seperti  yang teman - teman ketahui, selama bertahun – tahun ilmuwan terus mengembangkan kloning, tentunya pada hewan.  Berikut ini beberapa hewan hasil kloning dari para ilmuwan di berbagai belahan dunia. Check it.


1. Angle Fish (Pterophyllum) –Taipei (Taiwan )

Angelfish hasil kloning ini dapat bersinar di dalam aquarium di Taiwan International Expo – Taipei. Angelfish ini adalah ikan pertama yang  memancarkan flouresen pink dan bisa terlihat dalam kegelapan.

 2. Ayam – Revohot (Israel)

Dua ayam tanpa bulu pada 22 Mei 2002 di Hebrew University di Rehovot, Israel. Ayam ini rendah lemak, ramah lingkungan karena mengurangi biaya yang harus dikeluarkan peternak untuk ventilasi.

3. Kambing – Shuhama (Kashmir ) 

Noori, seekor kambing Pashmina, di Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Ilmu Pertanian dan Teknologi Sher-e-Kashmir (SKUAST) di Shuhama, 25 km timur Srinagar, 15 Maret 2012. Kambing Pashmina pertama hasil kloning. Doktor Riaz Ahmad Shah yang mengepalai proyek kloning ini di SKUAST memiliki bulu yang hangat. Mereka hidup di padang rumput di Ladakh.

4. Anjing – Pyeongtaek ( Korea Selatan )

Ilmuwan sel punca dari Korea Selatan Hwang Woo-suk (kanan) dan Gubernur Provinsi Gyeonggi Moon-su  memegang coyote hasil kloning saat upacara pemberian sumbangan di pusat perlindungan satwa liar di Pyeongtaek, Seoul selatan, 17 Oktober 2011. Hwang menyumbangkan delapan coyote yang ia kembangkan bersama timnya di Yayasan Penelitian Sooam Biotech untuk melestarikan spesies yang nyaris punah.

5. Monyet - Oregon (Northwest region of United States)

 

Bayi kembar monyet dari embrio hasil kloning memegang satu sama lain di Oregon Regional Primate Research Center di Beaverton, Oregon, 4 Maret.

 



0 komentar:

Posting Komentar

 
;