Jumat, 16 November 2012

TERNYATA KASET BELUM MATI (ARTIKEL 17)

Kaset merupakan benda yang dulu pernah akrab dengan kita, apakah teman-teman masih memiliki kaset di rumah? Hmm... walaupun kalian punya, pastinya sudah jarang atau bahkan tidak pernah kita gunakan lagi. Teman-teman seperti halnya saya lebih senang dengan ipod, mp3 dan benda-benda canggih.

Tapi taukah kalian? Ternyata kaset belum mati. Sampai sekarang bahkan sampai dengan paling tidak 10 tahun ke depan, kaset masih digunakan. terutama untuk menyimpan sejumlah data yang besar, seperti catatan pasien untuk arsip video karena dianggap murah. Selain itu kaset juga menjadi alternatif pengganti hard drive bagi perusahaan untuk menekan biaya energi yang semakin meningkat. Saat ini saja menurut konsultasi Coughlin Associate, sekitar 400 exabyte, setara dengan 20 juta kali isi US Library of Congress, disimpan pada kaset

Hebatnya lagi Evangelos Eleftheriou dan rekannya di IBM Research di Zurich, Swiss, telah mengembangkan kaset hanya sebesar 10x10cmx2cm yang dapat menampung sekitar 35 TB data, setara perpustakaan dengan rak buku sepanjang 400 kilometer. Bahkan Eleftheriou dan timnya percaya bahwa mereka dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 100 miliar bit per inci persegi dan mereka berharap bisa membuat kaset penyimpanan sebagai pesaing untuk salah satu proyek pengumpulan data terbesar di dunia-teleskop radio besar yang dikenal sebagai 'Square Kilometer Array' (SKA ). Keren kan?

Kaset juga merupakan teknologi penyimpanan yang paling ramah lingkungan karena kaset mengkonsumsi nol daya secara harafiah. Tidak seperti hard drive yang harus menyala terus, kaset hanya mengkonsumsi daya saat dibaca atau di tulis. Sayangnya untuk membaca data pada kaset ini, kaset harus diambil (biasanya oleh mesin) kemudian dimasukan ke perangkat. Namun sebenarnya waktu untuk mengakses kaset tidaklah lebih penting daripada menjaga data-data penting tetap aman. Setujukah kalian ?


0 komentar:

Posting Komentar

 
;