Minggu, 18 November 2012

KOLESTROL DAN PENCEGAHAN (ARTIKEL 24)

Artikel ke-24, Hati-hati nih buat teman-teman yang kegemukan, atau teman-teman yang sering memakan makanan berminyak or junk food, karena bisa menyebabkan kolesterol. 

Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. 

Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood). Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan penyakit jantung coroner, stroke dan perlemakan hati.

Berikut tabel kadar kolesterol :



Jika kolesterol dalam tubuh berada dalam kategori perbatasan dan bahaya, maka sudah seharusnya dilakukan usaha – usaha untuk mencegah peningkatan kolesterol dengan :

Pencegahan Primer

  1. Kurangi konsumsi lemak dan lemak jenuh minimal dua tahun, dapat menurunkan 3% - 6 % kadarkolesterol total.
  2. Olahraga aerobic yang teratur, dapat menurunkan total kolesterolsebesar 3.9 mg/dl, LDL sebesar 3.9 mg/dl, sertatrigliseridasebesar 7.1mg/dl.
  3. Konsumsi kedelai dan bawang putih, dapat menurukan kadar kolesterol total.
  4. Sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi 3g serat oat dapat menurukan kolesterol total dan LDL sebesar 5 mg/dl (0.15 mmol per L).

Pencegahan Sekunder

Penggunaan obat penurun kolesterol untuk mengurangi kejadian penyakit jantung coroner, hal tersebut diteliti melalui 4 penelitian dengan responden 10.000 pasien yang memiliki peningkatan kolesterol.(wikipedia)

Pemeriksaan kadar kolesterol

Dilakukan secara rutin setiap tahun sekali bagi pria diatas 35 tahun, wanita diatas 45 tahun, pria dan wanita yang telah mempunyai factor resiko untuk penyakit jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;