Jumat, 09 November 2012

TIPS MENAMBAH TINGGI BADAN (ARTIKEL 1)

Artikel ke-1, saya akan mencoba membagi sedikit tips untuk meningkatkan tinggi badan teman-teman.
Semoga bermanfaat.

Tubuh pendek, biasanya ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi ada juga faktor x lain yang menyebabkan tubuh tidak bisa meninggi, antara lain hormon pertumbuhan (somatotropin) hasilkan oleh kelenjar pituitary (kelenjar dibawah otak) yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan tulang. Pada usia 12-14, kelenjar ini sangat aktif dan memproduksi banyak sekali hormon untuk merangsang pertumbuhan tulang. Setelah itu kelenjar hormon akan berkurang produksinya. Jika pada wanita kelenjar ini berhenti berproduksi pada usia 21 tahun dan pria 25 tahun.

Selain karena faktor usia hormon pertumbuhan juga bisa berhenti sebelum waktunya karena faktor stres dalam kehidupannya (sekolah, tempat kerja, rumah tangga dll). Faktor lainnya lagi adalah masalah kebiasaan yang tidak sehat seperti diet yang berlebihan, posisi tidur yang tidak baik, olahraga yang salah, postur badan yang tidak semestinya (cacat). Dengan demikian, untuk bertambah tinggi anda harus menghindari faktor-faktor tersebut : harus memiliki nutrisi yang cukup, tidur yang cukup dengan posisi yang baik, olahraga yang benar dan postur tubuh yang tidak cacat.

Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tinggi badan. Lakukan latihan berikut untuk mendorong pertumbuhan, memperpanjang tulang belakang, meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot perut:

1. LARI CEPAT, JARAK PENDEK (SPRINT).
Lakukan selama 10-15 menit.

2. MENENDANG.Seperti gaya menendang bola.
Lakukan sebanyak 20x.

3. LOMPAT TALI.
Lakukan selama min 300x lompatan.

4. BERSEPEDAH.
Lakukan selama 10-15 menit.

5. BERENANG.
Lakukan selama 20 menit.

6. BERAYUN. Gunakan penahan yang cukup tinggi, awali posisi dengan berdiri kemudian biarkan tubuh berayun. Lakukan sebanyak 80x.

Pilih aja latihan yang paling cocok untuk teman-teman. Tapi harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Coba juga untuk memiliki waktu teratur untuk latihan teman-teman sehingga teman-teman dapat merasakan efeknya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;