Jumat, 23 November 2012

OBESITAS (ARTIKEL 30)

Artikel ke-30, teman-teman yang kegemukan atau disebut juga obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok:
  1. Obesitas ringan : kelebihan berat badan 20-40%
  2. Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
  3. Obesitas berat : kelebihan berat badan > 100% (Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk).
Obesitas sangat berbahaya loh teman-taman. Perhatian tidak hanya ditujukan kepada jumlah lemak yang ditimbun, tetapi juga kepada lokasi penimbunan lemaktubuh. Pola penyebaran lemak tubuh pada pria dan wanita cenderung berbeda. Wanita cenderung menimbun lemaknya di pinggul dan bokong, sehingga memberikan gambaran seperti buah pir. Sedangkan pada pria biasanya lemak menimbun di sekitar perut, sehingga memberikan gambaran seperti buah apel. Tetapi hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang mutlak, kadang pada beberapa pria tampak seperti buah pir dan beberapa wanita tampak seperti buah apel, terutama setelah masa menopause.

Nah, Berikut adalah cara mengukur apakah kita mengalami obesitas atau tidak :


 
Jika setelah dihitung kita mengalami obesitas, maka ada baiknya melakukan pengendalian dengan cara berikut ini :

  1. Olahraga teratur (3x seminggu, 30-40 menit, zona nadi latihan).
  2. Mengurangi aktivitas sedentary (lebih banyak duduk tanpa melakukan gerak ).
  3. Melakukan  weight management program (dengan banyak minum air putih, makan serat, menghindari camilan, diet dan memilih makanan pengganti contohnya saja yogurt sebagai pengganti camilan).
 Semoga bermanfaat ya teman-teman.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;